Selasa, 31 Mei 2016

MEMBUAT MANIPULASI TANGAN SWIRL DI PHOTOSHOP

Tutorial

Langkah 1 : Membuka foto dan membuat seleksi

Buka foto yang akan di edit, anda dapat mendownloadnya di bagian Resource di atas postingan, buka menggunakan aplikasi desain photohsop di menu file > open.
Tangan
Selanjutnya, berhubung background dari tangan itu sendiri berwarna hitam kita dapat dengan mudah membuat seleksi. Pada toolbar pilih Magic wand tool dan klik di bagian background hitam sehingga background akan terseleksi. Selanjutnya, balikkan seleksi dengan cara klik kanan pada area canvas dan pilih Select Inverse.
Seleksi pada photoshop

Langkah 2 : Menduplikasi gambar

Duplikasi gambar dengan menekan Ctrl : J pada keyboard, sehingga akan tampil sebuah gambar tangan di layer baru seperti terlihat pada desain dibawah.
duplicate layer

Langkah 3 : Menambah swirl pada tangan

Download swirl brushes pada kolom resource di atas, tambahkan di photoshop seperti pada tutorial cara menambahkan brush pada photoshop selanjutnya brush bagian tangan di layer baru.
Brush photoshop
Brush hingga merata, pakai berbagai efek swirl dari brush tersebut.
Brush photoshop

Langkah 4 : Membuat pattern dan mengaplikasikannya

Kembali ke layer tangan (langkah 2), kita akan membuat pattern untuk tangan ini, klik Edit > Define Pattern… Atau secara lengkap anda dapat membaca tutorial cara menambah pattern ke dalam photoshop yang pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu.
Membuat pattern di photoshop
Selanjutnya tekan Ctrl pada keyboard sembari klik pada layer “tangan” sehingga akan memperoleh sebuah seleksi pada lingkarang tangan, balikkan seleksi dengan menekan select > Inverse. Next hilangkan layer “Tangan” dengan cara klik bagian mata di samping layer yang berhubungan, dan kembali ke layer swirl.
Seleksi pada photoshop
Pada layer swirl, tekan delete pada keyboard untuk menghapus bagian yang “Kotor”.
Menghapus background
Beri warna pada background dengan warna hitam sehingga akan menghilangkan objek tangan.
Mengubah warna background
Kembali ke layer swirl, beri layer style “Pattern Overlay” dan pilih tangan yang telah kita buat pattern di awal langkah 4.
Pattern overlay
Tekan OK untuk mengakhiri.
Desain tangan

Langkah 5 : Memberi warna

Secara umum, kita telah menyelesaikan efek tangan swirl ini. Tapi, mari kita lanjutkan untuk memberi sentuhan akhir, yakni kita akan memberi sedikit warna pada tangan swirl ini.
Pertama, buatlah sebuah layer baru. Selanjutnya pada bagian toolbox photoshop pilih gradient overlay dan pilih warna sesuai yang di tunjukkan di nomor 3.
Desain
Buat warna dengan gradient photoshop desain.
Gradient photoshop
Ubah layer mode layer tersebut menjadi Overlay dan turunkan opacity menjadi 50%.
Desain tangan keren
Atau dapat anda ubah juga overlay sesuai selera sehingga memperoleh hasil yang bagus.
hasil desain

Hasil Desain

Berikut hasil desain pada belajar photoshop kali ini.
hasil desain
Download hasil desain (.psd) : Manipulasi tangan swirl dengan photoshop.
Seperti biasanya, saya tetap membuka form komentar untuk membuka “forum” tanya jawab di akhir postingan, sehingga bagi pembaca yang tidak terselesaikan hingga akhir atau terhambat di tengah-tengah tutorial bisa langsung bertanya atau dan lain sebagainya, dan pastikan anda tidak mengosongkan kotak komentar. :)

0 komentar:

Posting Komentar