Rabu, 01 Juni 2016

KEGIATAN ISRA' MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
Kami ingin sedikit mensharing mengenai kegiatan rutin tahunan di SMK AL-AMIN,Surabaya ,yakni memperingati acara Isra' Mi'raj Nabi Muhammmad SAW,  berdasarkan sedikit pengalaman kami. acara Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang diadakan di SMK AL_AMIN,Surabaya memang tidak mewah dan meriah, tetapi banyak sekali hikmah yang kita ambil dari kegiatan tersebut
Ust. kami bercerita bahwa Syekh Thanthowy Jau­hary dalam tafsir al Jawahir mengatakan: ”Hen­daklah kaum Muslimin menge­tahui bahwa Allah tidaklah menurunkan isra’ mi’raj dalam Alquran yang dibaca sampai saat ini, semata-mata untuk mengeta­hui keadaan Rasulullah saw.. Sesungguhnya Allah menginginkan agar kita dapat mengikuti ajaran agama dan syariat dengan ikhlas dan meng­ajak manusia memperbaiki keimanan dan tauhidnya untuk mencapai maqomam mahmudah sebagai kedudukan tertinggi dan terhormat di dunia ini.”
Hikmah-hikmah yang dapat kita ambil dari kegiatan tersebut,yakni:
#Yang Pertama : Bahwa Nabi Muhammad adalah satu-satunya Nabi dari golongan Ibrahim AS yang berasal dari Ismail AS, sedangkan Nabi lainnya adalah berasal dari Ishaq AS. Inilah yang menyebabkan Yahudi dan Kristen menolak Nabi Muhammad, karena mereka melihat asal usul keturunannya (nasab). Alasan mereka itu sangat tidak ilmiah, dan kalau memang benar, mereka berarti rasialis, karena melihat orang itu dari keturunannya. Hikmah lainnya adalah, bahwa Nabi Muhammad berda’wah di Makkah, sedangkan Nabi yang lain berda’wah di sekitar Palestina. Kalau dibiarkan saja, orang lain akan menuduh Muhammad SAW sebagai orang yang tidak ada hubungannya dengan “golongan” Ibrahim dan merupakan sempalan. Bagi kita sebagai muslim, tidaklah melihat orang itu dari asal usulnya, tapi dari ajarannya.
#Hikmah berikutnya adalah:  Allah dengan segala ilmu-Nya mengetahui bahwa Masjidil Aqsa adalah akan menjadi sumber sengketa sepanjang zaman setelah itu. Mungkin Allah ingin menjadikan tempat ini sebagai “pembangkit” ruhul jihad kaum muslimin. Kadangkala, kalau tiada lawan itu semangat jihad kaum muslimin “melemah” karena terlena, dan dengan adanya sengketa tersebut, semangat jihad kaum muslimin terus terjaga dan terbina.
#Dan Yang Terakhir : Allah ingin memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya kepada Nabi SAW. Pada Al Qur’an surat An Najm ayat 12, terdapat kata “Yaro” dalam bahasa Arab yang artinya “menyaksikan langsung”. Berbeda dengan kata “Syahida”, yang berarti menyaksikan tapi tidak musti secara langsung. Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya itu secara langsung, karena pada saat itu da’wah Nabi sedang pada masa sulit, penuh duka cita. Oleh karena itulah pada peristiwa tersebut Nabi Muhammad juga dipertemukan dengan Nabi-nabi sebelumnya, agar Muhammad SAW juga bisa melihat bahwa Nabi yang sebelumnya pun mengalami masa-masa sulit, sehingga Nabi SAW bertambah motivasi dan semangatnya. Hal ini juga merupakan pelajaran bagi kita yang mengaku sebagai da’i, bahwa dalam kesulitan da’wah itu bukan berarti Allah tidak mendengar.
Masih banyak sekali hikmah yang kami dapat dalam kegiatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammmad SAW,jika kita mau memperdalam kisah isro’ mi’roj nabi Muhammad SAW.
Seluruh Keluarga Besar SMK AL-AMIN Surabaya, mengajak seluruh kaum muslimin agar kita dapat menangkap pesan crusial dari setiap peringatan hari besar Islam, khususnya memperingati perjalanan hidup Rasulullah Saw. Beliau adalah kekasih Allah, Penghulu sekalian Nabi dan Rasul, Teladan seluruh makhluk serta hambaNya yang terbaik. Peristiwa Isra’ Mi’raj sesungguhnya adalah lebih kepada ujian keimanan, oleh karenanya dengan peringatan ini harus dapat membangkitkan keimanan kita.
Demikian Yang dapat kami sampaikan , Semoga bermanfaat bagi kita semua, sehingga kita dapat menjadi suri taulan yang di Rahmati oleh Allah SWT.

Kurang lebihnya mohon maaf,  WASSALAMUALAIKUM WR.WB





FOTO KEGIATAN ISRA' MI'RAJ
NABI MUHAMMAD SAW







0 komentar:

Posting Komentar